Helm SNI ( katanya )

Posted: 28 Juli 2010 in Belajar Nulis

Siang-siang harus ke sabang dari kantor kayaknya enak nehh naek ojek yg biasa mangkal di belakang kantor..Ketika mau manggil tukang ojek, agak bingung soalnya ada motor yg mangkal dengan helm bagus-bagus ( dalam hati nanya, ini tukang ojek atau bukan yahh ), ternyata tukan ojek.. Wah hebat tukang ojek sekarang helmnya udah bagus-bagus dan lumayan safety.

Sepanjang perjalanan terjadilah percakapan dengan tukang ojek, begini nehh cakap-cakapnya :

Bowie : ” Wah keren nehh bang helmnya…”
Ojek : ” Harus pake yg SNI, takut lagi sial aja , kena tangkep dahh…berabe, abis setoran sehari..”
Bowie : ” iya ya …. lumayan kalo bayar tilang ..”
” ini beli dimana bang …?”
Ojek : ” galak-galak sekali plisinya ..(baca :polisi)..”
” lumayan anti sogok…jadinya yahh beli aja dahh ”
” Ini belinya depan rusun tuhh, tanabang (baca:tanah abang)..lumayan yg beginian gocap ”
(gocap : lima puluh ribu..)
” ini aja bini dirumah rada2 dtekuk tuh muke..gara2 kurang buat jajan bocah..busyet dahhh”
Bowie : ” emang SNI itu apaan sih bang…lagian neh helm kagak ada tuh tulisan SNI nya ”
Ojek : ” kalo kata teman saya , itu helm yg kagak bakal ditilang, udah gitu pas beli yg jual juga bilang ini asli SNI, cuman stickernya lepas aja, kalo mau beli nambah ceban (baca:sepuluh ribu) ”
” mahal banget, kagak saya beli , udah cakep nehh helm..kinclong …eheheh ”
Bowie : ” ini kuat kagak sih bang, kok cantolannya mau lepas gini…”
Ojek : ” kagak sihh kayaknya, saya mah beli asal kagak kena tilang aja..”
” tetangga saya pake helm IN* , jatuh kesenggol truk, tetap pecah juga kepalanya..”
” kagak jamin helm sekarang mahh..yg penting pelan2 aja jalannya …”
Bowie : ” iya yahh…. kalo nasib mahh mana tahu yahhh..hehehe ”
” udah bang disini aja …makasih yahh ”

Sebuah percakapan yang menggelitik, walaupun tidak bagus utk digeneralisasi ke semua hal, tapi pastinya helm SNI itu masih dianggap bukan sebuah solusi pelindung kepala yang bisa diandalkan, masih dianggap sebuah solusi agar tidak ditilang, weleh weleh weleh… Ternyata lebih takut bayar tilang daripada memikirkan bahwa itu solusi utk melindungi kepalanya , artinya SOSIALISASI nya masih belum mengena….

Terus apakah ada standar kekuatan atau fisik utk menentukan bahwa helm tsb layak dipakai atau sesuai dgn SNI, atau apakah SNI itu sudah sesuai utk kebutuhan pelindung kepala, atau hanya sebuah propaganda baru utk menyenangkan pihak-pihak tertentu…

Saya lebih senang mengendarai motor dengan tertib dan menggunakan pelindung badan yg wajar serta menyerahkan nasib hidup saya ke Pencipta saya… Toh dengan alat sesafety apapun kalo jalannya ugal-ugalan pasti resiko pecah kepala lumayan besar…

Dan semoga SNI dikeluarkan murni buat safety bukan buat titik titik titik…..Wallahualam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s