Tidak hanya sebuah Lirik

Posted: 9 Oktober 2011 in Belajar Nulis

Pernah seneng atau tergila-gila ama sebuah lagu ndak ..? Pastinya pernah, sampai lagu tersebut diputar berulang-ulang sepanjang hari, sepanjang waktu, sepanjang tempat pokoknya tidak ada waktu yg terlepas tanpa mendengarkan lagu tersebut. Apalagi kalo punya suasana hati yang khusus dan kebetulan lagu itu cocok pasti lebih mantabs mendengarkan lagu tersebut dan bahkan tanpa sadar bersenandung sepanjang waktu..

Sebenarnya selain karena hal di atas apa sih yang menyebabkan kita suka terhadap sebuah lagu, karena penyanyinya, aransemen musiknya, video klipnya atau liriknya atau mungkin ada hal lain ..? Akan ada banyak versi jawaban jika ditanya apa yang disukai dari sebuah lagu, tapi kali ini kita membahas apa sih sebenarnya yang bisa kita tarik sisi positif dari sebuah lagu terutama dari liriknya.

Proses pembuatan lagu bagi masing-masing pencipta itu hampir mirip-mirip, ada pencipta lagu yang berdasarkan kenangan atas sebuah kejadian atau tiba-tiba mendapatkan inspirasi dari apa yg dilihat atau dirasakan. Pastinya dlm lagu itu ada lirik dan aransemen musiknya. Ada yg lirik dan aransemennya diciptakan oleh satu orang/group atau ada yang lirik dan aransemen musiknya terpisah penciptanya.

Kita kembali ke lirik lagu, tidak sedikit dari kita yang suka sebuah lagu karena liriknya, ada daya tarik sendiri jika kita memperhatikan arti dari lirik sebuah lagu. Tanpa disangka banyak lirik-lirik lagu yang merupakan sebuah cerita hidup keseharian kita atau bahkan sebuah gambaran nyata dari sebuah keadaan yang tanpa sadar sering dilupakan orang. Bahkan ada lirik lagu yang merupakan sebuah pengharapan atau kita kenal sebagai doa. Dan banyak lagu yang karena liriknya seperti doa dijadikan sesuatu yang wajib dibawakan dalam sebuah prosesi keagaman.

Satu contoh lagu yang liriknya penuh dengan kepasrahan seseorang serta pengharapan orang tersebut adalah Taubat yg dinyanyikan oleh Opick, tergambar dilagu tersebut bagaimana seseorang yang merasa dirinya kotor dan mengharapkan bahwa dirinya akan bisa tercuci dosanya dan kembali ke jalan yang seharusnya dilaluindan dia meminta dengan sangat kepada PenciptaNYA untuk dbantu. Atau lagu D’masiv yang terbaru yang liriknya itu memotivasi bagi pendengarnya untuk tidak menyerah atas segala kesusahan dalam hidup karena keyakinan akan Tuhan akan membantu melepaskan diri dari kesusahan tersebut. Atau lagu Afgan yang terbaru yang isinya bagaimana menggambarkan kecantikan seorang wanita serta pujian-pujian yang bisa dijadikan rayuan maut ..eheheheheheh

Itu baru tiga lagu, bayangkan berapa banyak lagu yang kita sudah tahu selama kita hidup, ribuan mungkin jutaan . Artinya akan ada ribuan atau jutaan lirik lagu yang bisa kita baca dan kita pelajari untuk bisa dijadikan referensi dalam menjalani keseharian kita. Referensi artinya bukan semacam kitab Suci tetapi makna dari lirik lagu tersebut. Yah siapa tahu aja bisa menjadi sebuah motivasi diri kita karena kalo sudah suka suatu lagu pastinya kita akan bertingkah seperti yang sudah digambarkan di atas dan jika mendengarkan sesuatu hal secara berkali-kali pastinya akan ada yang menyangkut dipikiran untuk bisa dijalankan.

Nah efek yang terjadi tentunya tidak menutup kemungkinan ada yg tidak efek positif tapi kembali lagi ke diri sendiri , mau yg jelek atau mau yang bagus..itu adalah masalah pilihan tentunya. Jadi marilah kita untuk mulai bernyanyi sebuah lagu dengan juga menyimak liriknya secara lebih baik, karena siapa tahu timbul inspirasi atau motivasi yang bisa membantu dalam menjalani keseharian atau bahkan untuk bangkit dari keterpurukan yang kita alami. Semangat baru lagi…. Sambil bernyanyi kita menjalani hidup dengan lebih semangat… dan satu lagi mulailah membeli lagu secara legal jangan bajakan ..heheheehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s